021-480-2944
admin@dewa.com
Artikel
22 Feb 2024

Pentingnya Vaksin Sebelum Menikah untuk Kedua Pasangan

Sebelum menikah sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan untuk kedua pasangan. Pemeriksaan kesehatan tersebut bermanfaat untuk mencegah dan mendeteksi penyakit secara dini. Salah satu pemeriksaan yang harus dilakukan sebelum menikah yaitu melakukan vaksin tetanus toksoid (TT). Vaksin tetanus toksoid merupakan vaksin yang mengandung kuman tetanus yang telah dilemahkan dan dimurnikan. Vaksin tetanus toksoid dilakukan agar pasien memiliki kekebalan terhadap penyakit tetanus.

Suntik vaksin tetanus toksoid dilakukan untuk mencegah penyakit tetanus. Penyakit tetanus adalah penyakit yang menyebabkan kontraksi otot yang menyakitkan terutama pada rahang dan leher, sehingga menyebabkan kontraksi otot yang terasa sakit terutama pada rahang dan leher. Selain itu, penyakit tetanus dapat menggangu kemampuan untuk bernafas hingga dapat mengakibatkan kematian.

Setiap penderita tetanus harus dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan dengan fasilitas tertentu sesuai arahan dokter. Setelah terdiagnosa mengalami penyakit tetanus maka perlu segera merujuk penderita untuk ke rumah sakit terdekat. Kecepatan merujuk sangat berpengaruh kepada angka kematian kasus. Pengobatan yang dapat dilakukan umumnya yaitu:

  • Pemberian antibiotik untuk membunuh bakteri seperti penisilin atau tetrasiklin
  • Pemberian anti kejang
  • Perawatan luka atau penyakit penyebab infeksi
  • Pemberian anti tetanus serum (ATS)

Upaya pencegahan yang baik maka angka kesakitan dan angka kematian yang disebabkan oleh tetanus dapat diturunkan. Upaya-upaya tersebut adalah:

  • Imunisasi Tetanus Toksoid (TT) Calon Pengantin

Wanita usia subur (WUS) diharapkan sudah mendapatkan suntikan toksoid sebanyak lima kali sebelum kehamilan. Imunisasi tersebut disebut dengan tetanus toksoid (TT) dengan 5 dosis yang dapat memberi perlindungan dari penyakit tetanus selama 25 tahun.

  • Perawatan luka

Perawatan luka dapat diberikan dengan pemberian hydrogen peroksida (H202) untuk oksigen luka yang terdapat di tubuh.

  • Persalinan yang bersih

Persalinan yang bersih tersebut dapat diartikan yaitu bersih tempat, alat, serta tangan sebagai penolong persalinan yang dilakukan ketika pemotongan tali pusat.

Adapun faktor penyebab harus dilakukannya vaksin tetanus toksoid oleh kedua calon pengantin sebelum menikah yaitu sebagai berikut:

  • Suntik vaksin tetanus toksoid berguna untuk memberikan kekebalan tubuh terhadap bakteri Clostridium tetani. Fungsi imunisasi tetanus toksoid pada ibu hamil yaitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri tetanus yaitu Clostridium tetani. Pemberian vaksin pada ibu hamil dapat diberikan pada saat kehamilan trimester 1 sampai trimester 3. Namun, pemberian vaksinasi tetanus toksoid bukan untuk ibu hamil saja, melainkan juga untuk calon pengantin wanita.
  • Vaksin tetanus toksoid sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap calon pengantin. Hal tersebut dikarenakan ketika pasangan melakukan hubungan suami istri pada pertama kalinya yang pada umumnya akan mengalami luka akibat robeknya selaput darah pada vagina. Luka tersebut yang dapat menjadi jalan masuknya bakteri penyebab dari penyakit tetanus. Oleh karena itu, suntik vaksin tetanus toksoid sebelum menikah dapat sebagai tindakan pencegahan.
  • Suntik vaksin tetanus toksoid juga dapat meminimalisir risiko penyakit tetanus pada ibu hamil serta saat persalinan. Manfaat imunisasi tetanus toksoid pada ibu hamil untuk kekebalan tubuh terhadap penyakit tetanus. Proses persalinan yang kurang steril seperti persalinan di dukun beranak cenderung memicu luka serta infeksi. Hal tersebut dapat memicu masuknya bakteri Clostridium tetani ke dalam tubuh ibu maupun bayi, sehingga dapat menimbulkan penyakit tetanus.
  • Vaksin tetanus juga melindungi bayi lahir penyakit tetanus neonatrum. Tetanus neonatrum merupakan jenis tetanus pada bayi baru lahir yang tidak memiliki proteksi berupa imunisasi pasif. Hal tersebut biasanya akibat dari sang ibu yang tidak memiliki kekebalan terhadap bakteri penyebab tetanus. Pada umumnya sebagian bayi yang mengalami tetanus neonatrum dapat mengalami kematian. Hal ini biasanya banyak terjadi di pedesaan yang dimana sebagian besar persalinan yang dilakukan dirumah serta tanpa sterilisasi yang kuat.

Vaksin tetanus toksoid bagi pasangan yang ingin menikah sangat penting untuk dilakukan karena dapat mencegah penyakit tetanus. Selain itu, vaksin tetanus toksoid juga dapat mencegah penyakit tetanus ketika persalinan ibu hamil dan bayi yang baru lahir agar. Oleh karena itu, vaksin tetanus sangat perlu dilakukan bagi yang ingin menikah dan dapat melakukan vaksin tetanus toksoid di Klinik Dewa Medika yang terdapat di Jakarta, Bekasi, dan Bogor. Pasangan yang ingin menikah juga dapat membuat janji temu dokter melalui WhatsApp 08179007730/ 0817132015 untuk konsultasi kesehatan sebelum menikah dan vaksin tetanus toksoid.

 

Refrensi :

http://repositori.iain-bone.ac.id/532/1/Skripsi%20Fatimah.pd