021-480-2944
admin@dewa.com
Artikel
21 Feb 2024

Menjadi Pekerja yang Selalu Sehat? Lakukan Olahraga Saat Bekerja, Yuk Kenali Olahraga yang Dapat Dilakukan Saat Bekerja !

Pekerja biasanya melakukan hal yang sama dengan durasi yang lama dalam bekerja. Pekerja sering merasakan kram atau kaku pada tubuhnya terutama pekerja kantoran yang dapat duduk berjam-jam bahkan seharian penuh. Hal tersebut jika dilakukan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan beberapa penyakit, yaitu seperti sakit punggung dan carpal tunner syndrome (CTS) atau terasa kesemutan, mati rasa di bagian pergelangan tangan dan sekitarnya. Oleh karena itu, pekerja perlu melakukan aktivitas fisik disaat bekerja. Berikut merupakan olahraga yang dapat dilakukan oleh pekerja:

  • Menggunakan tangga dibandingkan menggunakan lift

Pekerja disarankan untuk menggunakan tangga yang disediakan oleh kantor dibandingkan menggunakan lift. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk pekerja agar tetap melakukan aktifitas fisik meskipun sibuk bekerja. Selain itu pekerja juga dapat menjaga kesehatan walaupun sibuk bekerja.

  • Membuat ice breaking ketika rapat seperti senam cerdik

Ketua tim ketika sedang melakukan rapat dapat memberikan selingan ketika rapat yaitu dengan melakukan ice breaking. Ice breaking tersebut dapat berupa games singkat atau melakukan senam cerdik bersama-sama. Ice breaking dapat membuat pekerja menjadi lebih rileks dan merasakan refreshing sejenak. Selain itu, ice breaking yang dilakukan seperti senam dapat membuat pekerja menjadi tidak merasa pegal atau kram otot ketika harus duduk dalam waktu yang lama.

  • Melakukan peregangan atau refreshing

Pekerja dapat melakukan peregangan seperti peregangan punggung, kaki, badan atas, leher, serta peregangan duduk-berdiri. Peregangan punggung dapat dilakukan oleh pekerja ketika duduk. Peregangan tersebut dapat bermanfaat karena dapat melancarkan aliran darah dan dapat mengurangi nyeri maupun cedera pada punggung, sehingga tubuh pekerja dapat lebih leluasa dalam bergerak.

Peregangan kaki dapat dilakukan oleh pekerja dengan cara meluruskan kedua kaki ketika duduk bersandar di kursi kerja kantor. Peregangan kaki ini sangat bermanfaat karena otot paha kaki menjadi lebih kuat dan tidak kaku atau bahkan kesemutan. Selain itu, ketika terlalu lama bekerja maka pekerja akan rentan mengalami nyeri di sekitar tubuh bagian atas seperti punggung dan lengan. Pekerja dapat melakukan mengangkat lengan ke atas sekitar 10 hingga 20 detik dan menggerakan punggung ke kanan dan ke kiri untuk menimalisir rasa nyeri.

Pekerja yang bekerja dengan duduk yang cukup lama maka akan mengalami leher yang sakit dan kaku. Maka pekerja dapat melakukan peregangan leher dengan menggerakan leher ke kanan serta ke kiri. Hal tersebut dilakukan agar leher pekerja tidak terasa sakit dan kaku. Pekerja yang terlalu lama duduk juga dapat melakukan peregangan duduk lalu berdiri yang dilakukan secara berulang ketika sudah merasa pegal atau kaku. Hal tersebut dapat bermanfaat bagi pekerja karena otot menjadi semakin kuat serta dapat menjaga kestabilan tubuh.

Jika pekerja sudah merasakan sakit yang terus berulang atau tidak mengalami penyembuhan, maka pekerja dapat melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Pekerja dapat melakukan pengobatan lebih lanjut dengan mengunjungi Klinik Dewa Medika yang terdapat di Jakarta, Bekasi, dan Bogor. Selain itu, juga bisa membuat janji temu dokter melalui WhatsApp 08179007730.

 

Refrensi :

https://diskes.jabarprov.go.id/informasipublik/detail_artikel/dWJ5cGlkN0piZXpEeHpBUE94QkhVdz09 (diakses 21 Februari 2024)

https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic/apa-saja-contoh-aktivitas-fisik-yang-dapat-dilakukan-di-tempat-kerja (diakses 21 Februari 2024)

https://www.biofarma.co.id/id/announcement/detail/tips-olahraga-yang-dapat-di-lakukan-saat-sedang-di-kantor (diakses 21 Februari 2024)

https://www.halodoc.com/artikel/kerap-abai-ini-5-penyakit-yang-menyasar-kesehatan-pekerja-kantoran (diakses 21 Februari 2024)