021-480-2944
admin@dewa.com
Artikel
12 Feb 2024

Membuat Perencanaan Persalinan, Penting Gak Sih ?

Sebelum kita jawab seberapa penting nya, yang perlu bunda ketahui adalah 

  • Apa itu rencana kelahiran itu sendiri?

Rencana kelahiran adalah rencana tertulis yang mencakup apa yang bunda sobat dewa  inginkan dalam proses persalinan bunda nantinya. 

Bahasa gaulnya, Wishlist apa saja yang akan bunda persiapkan dalam membantu persalinan tersebut. Bunda mempunyai hak dan pilihan dalam Wishlist tersebut  hal ini dapat membantu bunda untuk merasa didukung, dan dapat membantu bunda dan pasangan dalam mempersiapkan kelahiran si buah hati. 

Rencana persalinan ini juga dapat membantu kami sebagai provider mu dan membantu anda mendukung Wishlist yang bunda harapkan, sehingga bunda dapat merasa dilibatkan dalam pengambilan keputusan seputar kelahiran bayi Anda .

Rencana persalinan bunda mungkin akan berubah - ubah selama kehamilan. Tidak masalah jika bunda berubah pikiran tentang apa yang bunda inginkan saat melahirkan nanti tidak masalah karena itu adalah hak mu dalam menentukan kelahiran mu sendiri.

  • Bagaimana cara memulai membuat rencana persalinan tersebut?

Mulailah pikiran hal - hal penting yang anda inginkan, hal-hal apa saja yang ingin dihidari selama proses persalinan nanti, ingin ditemani oleh siapa, ingin posisi persalinan seperti apa, perawatan pasca persalinan yang seperti apa ? dan sebagainya

Jika kamu masih bingung untuk mendapatkan rencana persalinan bunda, maka ikutilah dan pelajarilah hal - hal yang bisa menambah wawasan para bunda, misal bergabung lah dalam kelas-kelas kehamilan, seperti  hypnobirthing atau kelas prenatal yoga, kelas pelatihan pernafasan untuk persiapan persalinan. Yang akan membantumu dapat menemukan rencana persalinan sesuai keinginan bunda yaitu persalinan normal, nyaman, Aman dan tanpa trauma.

Hal ini dapat dimulai dengan beberapa pernyataan pribadi tentang Filosofi, prioritas dan tujuan bunda

1. Menulis birth plan harus selalu positif, menghindari kata-kata, “tidak,” “jangan” dan “tidak pernah.

2. Fokus pada apa yang bunda inginkan, daripada apa yang tidak bunda inginkan (Misalnya: “Kami sangat menghargai penjelasan risiko dan manfaat dari setiap prosedur yang ditawarkan, dan setiap alternatif yang ada, untuk membantu kita membuat keputusan.)

3. Birth Plan harus pendek dan to the point. Dokter dan bidan lebih cenderung untuk menanggapi secara positif ke daftar singkat dari permintaan, daripada sebuah daftar panjang dari apa yang tidak dapat diterima.

4. Birth Plan harus realistis dan relevan, menunjukkan pemahaman dasar dari kebijakan, prosedur dan protokol tempat yang bunda pilih untuk melahirkan (Misalnya: menyatakan bahwa bunda ingin menghindari semua pemantauan elektronik janin selama proses persalinan rumah sakit bunda tidak akan diterima Namun, negosiasi untuk memantau janin secara Intermittent dapat menjadi pilihan.)

5. Harus mengungkapkan perasaan bunda, daripada berdebat.(Misalnya: Saya tidak menginginkan bedah caesar dan akan menghargai bantuan untuk menghindari Hal itu, kecuali dengan alasan medis yang jelas )

Sebuah rencana kelahiran sangat penting dibuat hal ini agar menghindari dari tindakan dan intervensi yang tidak perlu. Dan dengan menulis dan mengkomunikasikan sejak awal tentang birth plan adan kepada dokter dan bidan yang akan merawat bunda. Maka bunda akan merasa lebih di hargai dan dihormati.

 

  • Lalu Kapan Wishlist atau rencana tersebut dibuat?

Tidak ada waktu khusus dalam membuat Wishlist Atau Rencana persalinan bunda.  tetapi luangkan lah waktu untuk berdayakan diri bunda dan ajaklah pasangan bunda untuk dapat membatu mendukung Wishlist yang anda inginkan baik sebelum persalinan maupun sesudah persalinan misalnya; mau lahiran di mana? Ditolong oleh siapa ? dan sebagainya. 

Serta berdayakan diri bunda untuk menambahkan knowladge tentang persiapan kehamilan sehingga dapat mewujudkan persalinan yang bunda inginkan.

Dan jangan lupa diskusikan rencana persalinan bunda, dengan tenaga kesehatan (dokter, bidan, atau provider ) pilihan bunda, agar tenaga kesehatan tersebut dapat membantu bunda dalam mewujudkan rencana persalinan mu.

Jangan Lupa lakukan rencana persalinan mu dari sekarang tidak ada kata terlambat untuk selalu belajar memberdayakan diri, sebab semua hal yang terjadi dalam persalinan bunda adalah sebuah pilihan dan keputusan dari diri bunda sendiri.

Bisa lakukan sesi konsultasi birth plan mu bersama Klinik Dewa Medika Jakarta, sekarang juga.

Semangat semoga bunda dapat mencapai keinginan bunda dalam menjalani persalinan yang aman, nyaman dan minim trauma 🙆
Salam Sehat Selalu
Bidan Widi.

Referensi:

  • https://www.acog.org/womens-health/health-tools/sample-birth-plan 
  • https://www.pregnancybirthbaby.org.au/making-a-birth-plan 
  • https://www.bidankita.com/pentingnya-birth-plan-untuk-persalinan-anda/